10 Rekomendasi Wisata di Cirebon Cocok Buat Liburan
Jawa Barat

10 Rekomendasi Wisata di Cirebon Cocok Buat Liburan

Jessica J

Cirebon, sebuah kota yang kaya akan sejarah dan budaya, merupakan destinasi wisata yang menarik di Jawa Barat, Indonesia.

Dikelilingi oleh pesona alam yang indah, bangunan bersejarah, dan kehidupan kota yang dinamis, Cirebon menawarkan berbagai tempat wisata yang cocok untuk liburan.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi Wisata Cirebon Terbaru yang layak untuk Anda kunjungi saat liburan.

1. Keraton Kasepuhan

Salah satu tempat wisata terkenal di Cirebon adalah Keraton Kasepuhan, sebuah istana kerajaan yang bersejarah.

Dibangun pada abad ke-15, Keraton Kasepuhan adalah salah satu keraton tertua di Jawa Barat dan menjadi saksi bisu dari berbagai peristiwa sejarah.

Pengunjung dapat menjelajahi kompleks istana yang indah ini, mengagumi arsitektur tradisionalnya, dan belajar lebih banyak tentang sejarah kerajaan Cirebon.

2. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid Agung Sang Cipta Rasa adalah salah satu masjid terbesar dan terindah di Cirebon. Dibangun pada abad ke-15, masjid ini merupakan salah satu peninggalan bersejarah yang penting di kota ini.

Pengunjung dapat mengunjungi masjid ini untuk mengagumi arsitektur megahnya, menjelajahi kompleks masjid yang luas, dan merasakan suasana yang tenang dan damai di dalamnya.

3. Goa Sunyaragi

Goa Sunyaragi adalah kompleks goa buatan yang terletak di Cirebon. Dibangun pada abad ke-17 oleh Sultan Sepuh II, goa ini digunakan sebagai tempat pertapaan dan meditasi.

Baca Juga:  Pantai Rancabuaya - Mutiara Tersembunyi di Jawa Barat: Daya Tarik, Rute, Lokasi dan Aktivitas

Kompleks goa ini menawarkan berbagai bangunan bersejarah, seperti ruangan-ruangan bertingkat dan lorong-lorong yang tersembunyi.

Pengunjung dapat menjelajahi kompleks goa ini, mengagumi arsitektur uniknya, dan belajar lebih banyak tentang sejarahnya yang menarik.

4. Pantai Kejawanan

Pantai Kejawanan adalah salah satu pantai terpopuler di Cirebon. Terletak tidak jauh dari pusat kota, pantai ini menawarkan pasir putih yang lembut, air laut yang jernih, dan pemandangan matahari terbenam yang memukau.

Pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas di pantai ini, seperti berenang, berjemur, atau sekadar bersantai sambil menikmati angin sepoi-sepoi laut.

5. Taman Ade Irma Suryani (Taman Kota)

Taman Ade Irma Suryani, atau yang lebih dikenal sebagai Taman Kota, adalah taman kota yang populer di Cirebon. Terletak di pusat kota, taman ini merupakan tempat yang populer bagi penduduk setempat dan pengunjung untuk bersantai dan rekreasi.

Taman ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti area bermain anak-anak, lapangan olahraga, dan area rekreasi hijau yang luas.

6. Grage Mall

Grage Mall adalah pusat perbelanjaan terbesar di Cirebon. Terletak di pusat kota, mal ini menawarkan berbagai toko, restoran, dan pusat hiburan yang menarik.

Pengunjung dapat berbelanja, makan di restoran-restoran yang lezat, atau menonton film di bioskop yang tersedia di dalam mal.

7. Gunung Ceremai

Gunung Ceremai adalah gunung tertinggi di Jawa Barat dan menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan.

Baca Juga:  10 Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Wajib Dikunjungi

Terletak tidak jauh dari Cirebon, gunung ini merupakan tempat yang populer bagi para pendaki dan pecinta alam.

Pengunjung dapat melakukan pendakian ke puncak gunung untuk menikmati pemandangan indah dari atas, serta menjelajahi berbagai jalur trekking yang tersedia di sekitar gunung.

8. Taman Wisata Alam Linggarjati

Taman Wisata Alam Linggarjati adalah tempat wisata alam yang terletak di Cilimus, Cirebon. Tempat ini menawarkan berbagai kegiatan outdoor, seperti trekking, camping, dan piknik keluarga.

Pengunjung juga dapat menikmati pemandangan alam yang indah, udara segar, dan ketenangan yang ditawarkan oleh tempat ini.

9. Pasar Kanoman

Pasar Kanoman adalah pasar tradisional yang terletak di Cirebon. Pasar ini merupakan tempat yang ideal untuk berbelanja berbagai barang, seperti pakaian, kerajinan tangan, dan souvenir khas Cirebon.

Pengunjung dapat menjelajahi pasar ini, bernegosiasi dengan pedagang, dan mencari berbagai barang unik dan menarik.

10. Wisata Kuliner

Cirebon juga terkenal dengan berbagai kuliner lezatnya. Pengunjung dapat mencicipi berbagai hidangan khas Cirebon, seperti empal gentong, nasi jamblang, tahu gejrot, dan docang.

Selain itu, ada juga berbagai makanan ringan dan minuman tradisional yang dapat dinikmati di berbagai warung dan restoran di kota ini.

Kesimpulan

Cirebon adalah destinasi wisata yang menarik dengan berbagai tempat wisata yang menawarkan pengalaman yang beragam.

Dari peninggalan bersejarah hingga pesona alam yang memukau, Cirebon memiliki segala sesuatu yang Anda butuhkan untuk liburan yang tak terlupakan.

Baca Juga:  10 Air Terjun Segar untuk Liburan Musim Panas Anda di Pulau Jawa

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi pesona tempat-tempat wisata yang direkomendasikan ini saat Anda berkunjung ke Wisata Garut Terdekat.