10 Tempat Wisata di Jakarta Terbaru & Terhits Dikunjungi
Jakarta

10 Tempat Wisata di Jakarta Terbaru & Terhits Dikunjungi

Jessica J

Jakarta adalah ibu kota Indonesia, dengan jumlah penduduk yang besar dan banyak gedung-gedung bertingkat. Bahkan, ini adalah kota terpadat di seluruh Indonesia. Konon, kebanyakan orang yang telah mengunjungi kota akan disambut oleh keramaian yang tak terbatas dan lalu lintas yang padat! Namun di balik hiruk-pikuk kota ini terdapat harta karun dan tempat wisata yang indah yang tidak ingin dilewatkan oleh setiap pengunjung.

Berbeda dengan surga tropis Bali, yang menawarkan lebih banyak tanaman hijau dan atraksi wisata, Jakarta menawarkan pengalaman hidup kota yang benar-benar berbeda. Di sini, Anda akan menyaksikan beragam budaya dan cara hidup saat tinggal di antara orang Jakarta. Berikut adalah 10 hal yang harus dilakukan di Jakarta yang pasti akan menambah kedalaman dan keragaman pengalaman perjalanan Anda!

1. Monumen Nasional (MONAS)

Siapapun yang berkunjung ke Jakarta setidaknya harus melihat Monumen Nasional yang ikonik berdiri di tengah Lapangan Merdeka. Bangunan setinggi 433 kaki ini dibangun sebagai penghormatan atas perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang sejarah dan warisan Indonesia, pastikan untuk mengunjungi Museum Nasional yang terletak di dekat area tersebut juga. Museum ini memamerkan berbagai artefak sejarah dan arkeologi yang penting bagi masa lalu negara itu.

2. Masjid Istiqlal

Terletak tepat di sebelah Lapangan Merdeka adalah Masjid Istiqlal. Dikatakan sebagai masjid terbesar di seluruh Asia Tenggara, yang dibangun untuk melambangkan kemerdekaan negara. Tempat ibadah ini dapat menampung hingga 200.000 peziarah, menjadikannya masjid terbesar ke-6 di dunia dalam hal kapasitas.

BACA  5 Kafe yang Wajib Dikunjungi Saat di Jakarta

Fitur interior dan eksterior Masjid Istiqlal condong ke arah desain modern atau kontemporer. Sangat tidak mungkin untuk mengabaikan struktur yang indah ini ketika Anda sudah berada di sekitar bagian kota ini!

3. Katedral Jakarta

Katedral Jakarta adalah tempat ikonik lain yang harus Anda kunjungi! Ini adalah katedral Katolik Roma yang menampilkan eksterior yang menakjubkan, sangat dipengaruhi oleh gaya arsitektur neo-Gothic. Meskipun sebagian besar orang Indonesia menganut Islam, ada juga populasi Kristen di seluruh negeri.

Katedral yang indah ini hanyalah pengingat inklusivitas dan keragaman Indonesia dalam budaya dan agama. Katedral ini bisa Anda temukan di dekat Lapangan Merdeka dan berdiri tepat di depan Masjid Istiqlal, jadi jangan sampai Anda melewatkannya!

4. Taman Lapangan Banteng

Jika Anda mencari lebih banyak ruang terbuka dan lebih hijau, Taman Lapangan Banteng adalah taman indah yang tersembunyi di pusat kota. Ini adalah tempat yang sempurna untuk menghirup udara segar, berjalan-jalan, dan mengadakan kencan piknik. Renovasi taman yang lebih baru telah memungkinkan pengunjung untuk menikmati berbagai kegiatan di luar ruangan.

Berdiri di tengah alun-alun bersejarah adalah Monumen Pembebasan Iran Barat, yang melambangkan pemberontakan dan kemerdekaan. Fitur taman lainnya termasuk lintasan lari, taman bermain, amfiteater, dan air mancur yang memamerkan lampu-lampu cantik di malam hari. Ini memiliki keseimbangan yang tepat antara hiburan, waktu luang, dan sejarah!

5. Taman Mini Indonesia Indah

Jika Anda mencari pengalaman mendalam tentang budaya Indonesia, inilah tempatnya! Salah satu tempat wisata Jakarta yang paling menawan dan terkenal adalah Taman Mini Indonesia Indah yang terletak di Jakarta Timur. Luas taman ini sekitar seratus hektar dan menawarkan berbagai pilihan transportasi untuk Anda berkeliling.

BACA  7 Rekomendasi Restoran Padang Terlezat di Jakarta

Taman rekreasi ini dengan sempurna menonjolkan keragaman Indonesia melalui paviliun, museum, dan atraksinya. Paviliunnya adalah replika rumah tradisional Indonesia yang bisa Anda temukan di provinsi Jawa, Aceh, Kalimantan, Papua, dan Sulawesi. Di sini, Anda akan menghargai kerajinan lokal, seni, tradisi, dan sejarah masing-masing provinsi. Di tengah taman terdapat danau buatan yang indah yang menampilkan versi miniatur dari nusantara. Ini benar-benar miniatur keajaiban dan keajaiban!

6. Museum Sejarah Jakarta

Jika Anda adalah tipe orang yang menggali lebih dalam tentang budaya dan sejarah, maka tidak diragukan lagi, museum adalah tempat terbaik untuk dijelajahi. Museum Sejarah Jakarta juga dikenal sebagai Museum Fatahillah atau Museum Batavia yang terletak di Kota Tua Jakarta. Museum ini menampilkan artefak dan peninggalan dari era prasejarah dan memamerkan bagaimana kota telah berkembang sejak saat itu.

Bangunan ini terletak di depan alun-alun umum yang disebut Alun-Alun Fatahillah, di mana Anda juga akan melihat air mancur Insta-worthy di tengahnya. Daerah ini dulunya adalah Alun-Alun Balai Kota berabad-abad yang lalu. Fakta menyenangkan: Eksterior museum dimaksudkan untuk meniru Istana Kerajaan Amsterdam.

7. Museum MACAN

Museum MACAN (Seni Modern dan Kontemporer di Nusantara) memamerkan karya seni modern dan kontemporer yang dibuat oleh seniman lokal dan internasional. Ini adalah museum pertama di negara ini yang menampilkan lukisan, patung, pertunjukan, dan instalasi dari periode atau gerakan tertentu.

BACA  5 Kuliner Nikmat yang Wajib Kamu Cicipi di Jakarta

Museum MACAN menyediakan platform yang memungkinkan seniman untuk memamerkan kerajinan mereka kepada khalayak universal. Jika Anda penggemar gaya terkini dan desain eksperimental, kami sangat menyarankan Anda untuk mampir!

8. Pasar Pecinan Glodok

Apa itu perjalanan tanpa sedikit terapi ritel? Pecinan Glodok di Jakarta Barat adalah rumah bagi berbagai rumah tradisional, arsitektur, dan beberapa kelenteng Tionghoa. Tempat ini lebih sering dikunjungi karena pasar dan pusat perbelanjaannya yang menjual produk lokal, makanan, pakaian, dan elektronik.

Kelaparan dari semua berjalan? Jangan khawatir! Glodok memiliki banyak tempat makan dan warung di mana Anda dapat membeli makanan dan makanan ringan tradisional dan otentik Cina.

9. Wisata Batavia Lama

Pesan tur jalan kaki di sekitar Kota Tua, Jakarta untuk melakukan perjalanan kembali ke abad ke-17! Itu juga dikenal sebagai Batavia Lama, rumah bagi beberapa bangunan yang meniru gaya arsitektur Belanda. Di sini, Anda akan menemukan Museum Sejarah Jakarta yang terletak di Alun-Alun Kota Tua di mana Anda dapat mencoba beberapa makanan jalanan dan minuman lokal Indonesia.

10. Hutan Kota GBK

Di antara gedung pencakar langit dan tempat wisata populer, taman dan pusat rekreasi tersebar di seluruh kota. Hutan Kota GBK adalah kompleks olahraga besar dengan beberapa restoran dan taman piknik yang mengesankan. Area hijau yang dipenuhi pepohonan menyelenggarakan segala macam acara dan kegiatan yang juga terbuka untuk umum. Dari festival olahraga dan pertunjukan musik hingga pertemuan sosial dan operasi bantuan, ini adalah ruang yang ideal untuk semua orang dan segalanya!