10 Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan
Jawa Barat

10 Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Jessica J

Bandung memiliki banyak pesona yang harus Anda kunjungi. Kawasan yang dikenal sebagai kota kembang ini memiliki banyak tempat wisata yang keren dan unik. Ada keindahan alam yang akan menenangkan pikiran Anda, ada juga tempat yang sesuai dengan keinginan Anda untuk berpetualang. Berita yang lebih baik, semuanya terletak di luar ruangan. Petualangan namun menyegarkan!

Seperti yang telah dikatakan, Bandung memiliki banyak tempat seperti itu tetapi kami telah mengumpulkan yang terbaik dari yang terbaik untuk Anda di bawah ini:

1. Gunung Batu

Gunung Batu di Lembang memiliki pemandangan yang menakjubkan. Di sana, Anda bisa melihat keindahan pusat kota Bandung dari dataran tinggi. Ini adalah tempat yang bagus untuk berkemah sambil menunggu matahari terbit. Pada malam hari, Anda dapat menikmati keindahan cahaya kota dari kejauhan. Omong-omong, pagi hari kawasan itu dipenuhi kabut tebal. Jadi, selalu berhati-hati!

2. Ciwidey

Pecinta sepeda gunung pasti sudah tidak asing lagi dengan trek Ciwidey – Cidaun di Bandung. Jalur ini menjadi pilihan utama bagi mereka yang ingin memacu adrenalinnya. Berada di kawasan Gunung Simpang, trek ini cukup menantang dan membutuhkan persiapan matang, tapi justru itulah keseruannya! Jalur ini akan membawa Anda melewati hamparan kebun teh, desa setempat, sungai, bahkan jembatan kayu yang mendebarkan.

3. Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan merupakan sumber air yang terletak di tengah pedesaan yang asri di Kabupaten Bandung Barat. Di sini, kamu bisa melupakan hiruk pikuk kota yang bikin penat. Anda juga bisa berenang sambil menikmati segarnya mata air. Bagi penggemar fotografi, cobalah memotret dari dalam air jernih ini dan Anda akan mendapatkan bidikan yang unik!

BACA  7 Tempat Makan Instagenic yang Wajib Kamu Kunjungi Akhir Pekan ini di Bogor

4. Air Terjun Curug Cimahi

Curug Cimahi adalah air terjun setinggi 75 meter. Ini akan langsung membuat Anda mengagumi tempat itu dan merasa seperti di rumah sendiri. Curug Cimahi berjarak 10 kilometer sebelah utara kota Bandung atau tepatnya berada di kota Cimahi. Di sekitar air terjun terdapat banyak spot keren untuk menikmati keindahan air terjun yang indah ini.

5. Ngarai Cikahuripan

Ngarai Cikahuripan terletak di tempat wisata yang juga disebut Cikahuripan. Jalur menuju ngarai didominasi oleh bebatuan besar dan menjulang hingga ketinggian 10 meter. Ngarai ini berjarak 100 meter dari satu sisi ke sisi lainnya. Di antara tebing, mengalir Sungai Cikahuripan yang indah. Dari kejauhan, airnya yang jernih dan berkilauan akan mengundang siapa saja untuk mampir. Kedalaman air di sini mencapai 4 meter tetapi beberapa titik lagi lebih dangkal. Di sana, Anda bisa menikmati berenang bersama keluarga.

6. Sanghyang Heuleut

Terletak di Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Sanghyang Heuluet merupakan danau hijau menawan yang dikelilingi bebatuan eksotis. Sanghyang Heuluet merupakan tempat wisata di Bandung yang cocok untuk mandi dan berfoto. Bagi yang suka menguji nyali, cobalah melompat dari salah satu batu yang tingginya lebih dari 5 meter.

7. Guha Pawon

Kawasan Cipatat di Padalarang memiliki sebuah gua yang menakjubkan, yang disebut Gua Pawon. Gua ini merupakan situs arkeologi karena ditemukannya kerangka manusia. Gua ini terdiri dari beberapa ruangan besar yang relatif tidak terlalu gelap karena sinar matahari bisa masuk melalui langit-langitnya. Ada sebuah ruangan yang merupakan situs arkeologi yang di dalamnya terdapat tengkorak manusia purba.

BACA  7 Tempat Makan Instagenic yang Wajib Kamu Kunjungi Akhir Pekan ini di Bogor

8. Gunung Hawu

Bagi penggemar sunrise, Tebing Gunung Hawu siap memanjakan Anda dengan pemandangan sunrise yang indah. Anda bahkan bisa menyaksikan pemandangan keren ini sambil berbaring di hammock yang digantung di antara dua tebing. Aktivitas hammock ini dipopulerkan oleh sebagian penduduk setempat untuk menarik pengunjung, sekaligus untuk melindungi Gunung Hawu dari penambang batu kapur. Gunung ini juga memiliki lubang besar yang bisa Anda lihat di tengahnya, seperti lubang kompor. Inilah sebabnya mengapa gunung ini dinamai “Hawu” yang berarti “kompor (untuk memasak)” dalam bahasa Sunda.

9. Tebing Citatah

Citatah terkenal dengan bukit gunung kapurnya yang disebut Stone Garden Citatah. Tempat ini terletak di Gunung Pawon dan diyakini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Konon di sini pernah ditemukan fosil hewan karang! Saat akhir pekan, kawasan ini ramai dikunjungi para pecinta alam untuk mengasah kemampuan mendaki.

10. Sungai Palayangan

Jika Anda ingin mencari wisata seru sambil menikmati air, Anda bisa mencoba arung jeram di Sungai Palayangan. Sungai yang berada di ketinggian 1200 mdpl ini menghadirkan arung jeram Anda dengan pemandangan yang indah dan udara yang sangat sejuk. Dari kota Bandung, jaraknya sekitar 45 kilometer. Selain arung jeram, Anda juga bisa menikmati panorama hutan pinus, perkebunan teh, hingga ladang sayur.