5 Tempat Menakjubkan di Morotai yang Wajib Anda Kunjungi
Maluku

5 Tempat Menakjubkan di Morotai yang Wajib Anda Kunjungi

Jessica J

Apakah Anda ingin menjelajahi pulau yang kurang terkenal di Indonesia? Arahkan pandangan Anda ke pulau Morotai! Pulau Morotai adalah mutiara dari sudut timur laut Indonesia. Terletak di kepulauan Halmahera, Maluku Utara, surga tropis yang diremehkan belum banyak dijelajahi oleh wisatawan, meskipun tempat ini penuh dengan keajaiban alam yang pasti akan membuat pengunjungnya takjub. Untuk mencapai Pulau Morotai, yang harus Anda lakukan adalah naik feri atau terbang dari kota Ternate atau Manado. Masih asing dengan tempat wisata terbaik di pulau ini? Santai! Kami telah memberi Anda daftar lima tempat menakjubkan di Pulau Morotai yang harus Anda simpan ke dalam daftar ember Anda untuk perjalanan di masa mendatang. Lihat saja lima tempat fantastis ini dan perhatikan!

1. Pulau Dodola

Jika Anda menemukan ide untuk berjalan-jalan di sekitar pantai yang indah, maka Anda harus mengunjungi Pulau Dodola di barat daya Pulau Morotai. Saat Anda bertelanjang kaki menyentuh pasir beludru di pantai yang masih asli, Anda pasti tidak akan menyesali perjalanan ini! Selain memiliki fitur yang sempurna, gundukan pasir putih terbuka yang sempurna juga memberikan kesempatan bagi Anda untuk mengabadikan panorama megah bentang laut Maluku, langit, serta pohon palem. Lebih baik lagi, saksikan keindahan pulau lebih jauh dengan snorkeling atau menyelam di sekitar perairannya. Jika Anda tidak bosan dengan semua kegiatan ini, berbaring saja di tepi pantai dan tenangkan pikiran Anda dengan menikmati salah satu pemandangan terbaik yang ditawarkan pulau Morotai. Untuk menuju Pulau Dodola, disarankan untuk naik speedboat dari ibu kota desa Pulau Morotai, Daruba, yang terletak sekitar 3,5km ke arah barat laut Bandara Pitu.

2. Pantai Gorango

Terletak di timur laut Pulau Morotai, pantai Gorango yang menakjubkan adalah teluk yang terjepit di antara lautan berwarna biru kehijauan dan hutan tropis yang rimbun. Berjalan-jalan di sekitar teluk dengan suara ombak dan pohon palem yang ditiup angin sepoi-sepoi di latar belakang. Tetap di sisi kiri teluk dan Anda akan menemukan medan berbatu yang menakjubkan yang sempurna untuk digunakan sebagai latar belakang untuk semua jenis pemotretan. Teluk ini terletak sekitar 63 km dari desa Daruba. Jika Anda ingin mencapai teluk, mungkin lebih baik Anda naik mobil karena saat musim kemarau, jalanan bisa sedikit berdebu. Meskipun perjalanannya mungkin memakan waktu lama, kami dapat meyakinkan Anda bahwa pemandangan Pantai Gorango yang indah benar-benar akan menebusnya.

3. Pulau Kokoya

Sepotong kecil surga ini terletak di antara Pulau Dodola dan desa Pandanga di tepi barat laut Pulau Morotai. Pulau Kokoya menawarkan pantai yang masih asli, air yang jernih, dan tanaman hijau yang rimbun, semuanya cukup untuk membuat Anda terkesima. Anda juga bisa snorkeling atau menyelam di sekitar pulau kecil dan menikmati pemandangan terumbu karang yang luas. Dan jika Anda beruntung, Anda bisa melihat sekilas berbagai jenis makhluk laut yang mempesona seperti dugong, mamalia laut gemuk asli perairan pantai dangkal di wilayah timur Indonesia. Cara terbaik untuk mencapai Pulau Kokoya adalah dengan naik speedboat dari desa Daruba sehingga Anda bisa sampai di sana secepat mungkin.

4. Pulau Tabailenge

Tempat menakjubkan lainnya di Morotai yang harus Anda kunjungi adalah Pulau Tabailenge. Pulau ini dapat ditemukan di bagian timur laut Pulau Morotai di sebelah selatan Pantai Gorango dekat desa Bere Bere. Pasir pucat di sekitar pulau pasti akan membuat Anda memohon untuk tinggal di sana lebih lama, sementara perairan di sekitarnya sangat bersih, menjadikan pulau ini tempat yang sangat baik untuk menyelam. Terlebih lagi, perairannya dipenuhi dengan berbagai macam karang lunak yang spektakuler. Pilih salah satu dari banyak tempat menyelam yang tersedia dan nikmati keindahan bawah laut di sekitar Pulau Tabailenge. Untuk menuju pulau ini cukup mudah. Anda hanya perlu naik perahu warga dari desa Bere Bere dan berlayar hanya beberapa kilometer.

5. Pantai Rorasa

Last but not least, tempat cantik lainnya yang harus Anda kunjungi saat bepergian ke Pulau Morotai adalah Pantai Rorasa. Pantai Rorasa adalah surga kecil yang terletak di desa Buho Buho. Daya tarik utama pantai ini berasal dari pemandangan indah di sekitar tempat itu, yang memberikan rasa ketenangan. Suasana tenang di sekitar pantai Rorasa memungkinkan Anda untuk melepas penat dan menghilangkan stres. Untuk mencapai pantai yang tenang ini cukup mudah, Anda hanya perlu berkendara sekitar 38 km dari desa Daruba ke arah timur Pulau Morotai.

Sudahkah Anda memilih tempat yang akan Anda kunjungi? Masukkan permata tersembunyi ini ke dalam daftar ember Anda, dan nikmati beberapa lanskap tropis paling menakjubkan di Indonesia bagian timur! Jangan ragu untuk mengunjungi tempat-tempat menakjubkan lainnya di sekitar Maluku dan Papua. Jelajahi pulau kembar Ternate dan Tidore yang luar biasa atau lihat burung pelikan di tepi Pantai Ngurtafur! Seperti biasa, berusaha semaksimal mungkin untuk mematuhi protokol kesehatan yang ada, seperti memakai masker di tempat umum, menjaga jarak dari orang lain, mencuci tangan secara teratur, menghindari tempat ramai, dan meminimalkan mobilitas.