7 Makanan Lokal Favorit dan Terenak di Indonesia yang Wajib Anda Coba
Indonesia

7 Makanan Lokal Favorit dan Terenak di Indonesia yang Wajib Anda Coba

Jessica J

Sebagai negara kepulauan, Indonesia diberkahi dengan beragam keajaiban alam dan warisan budaya. Keragaman tercermin dalam seni, arsitektur, lagu, bahasa, dan tentu saja, makanannya! Jika Anda berkunjung ke Indonesia, pastikan Anda tidak melewatkan kesempatan untuk mencicipi 7 kuliner lezat ini!

1. Nasi goreng

Nasi Goreng artinya Nasi Goreng. Ide masakan ini sebenarnya untuk menghindari sisa makanan karena pada awalnya nasi untuk lauk tersebut merupakan sisa makan malam atau makan siang. Nasi Goreng bisa Anda temukan di hampir semua tempat, mulai dari restoran hotel berbintang hingga warung pinggir jalan. Waktu yang tepat untuk menyantap hidangan ini juga cukup serbaguna; baik untuk sarapan atau makan malam, terserah Anda.

Rasa masakan ini biasanya campuran antara manis, gurih dan sedikit pedas. Ada banyak jenis toping untuk Nasi Goreng, misalnya ayam suwir, sosis atau ikan. Apa pun toppingnya, biasanya hidangan akan disajikan bersama irisan timun dan telur.

2. Memuaskan

Sate pada dasarnya adalah irisan daging yang diasinkan yang dipanggang di tusuk sate bambu di atas api arang. Di Indonesia, Anda bisa menemukan sate yang terbuat dari berbagai jenis daging, seperti ayam, sapi, domba, kerang, dan ikan. Sebelum dipanggang, daging akan diasinkan terlebih dahulu dengan saus yang gurih. Kemudian disajikan dengan berbagai jenis topping, seperti saus kacang, irisan bawang merah, dan tomat potong dadu atau saus kuning pedas.

BACA  6 Destinasi Wisata Alam dengan Pemandangan yang Indah di Indonesia

Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki jenis satenya masing-masing. Misalnya, Sate Ayam atau Sate Ayam dan Sate Kambing atau Sate Domba adalah sate paling populer di seluruh pulau Jawa. Sedangkan di Bali ada Sate Lilit yang terbuat dari daging ayam, ikan atau babi yang digiling dengan parutan kelapa dan santan.

3. soto

Makanan lain yang bisa ditemukan hampir di setiap tempat di Indonesia adalah Soto atau Soto. Semangkuk soto pada dasarnya berisi bihun atau bihun, irisan kol, segenggam tauge dan daging. Kuahnya kuah bening bercampur rempah-rempah seperti kunyit, serai, bawang merah, dan bawang putih.

Jenis daging yang digunakan untuk soto bisa bermacam-macam, tergantung orisinalitasnya dan tempat penyajiannya. Misalnya, ada Soto Babi atau Sop Babi di Bali yang mayoritas agamanya beragama Hindu. Soto yang paling umum ditemui hampir di seluruh daerah di Indonesia adalah Soto Ayam atau Soto Ayam dan Soto Babat atau Soto Babat Sapi atau Kambing. Anda juga bisa mencicipi Soto Betawi di Jakarta yang kuahnya kental dan creamy.

4. Gado-gado

Jika Anda seorang vegetarian atau hanya orang yang tidak suka makan daging, maka Anda bisa mencoba salad tradisional Indonesia yang disebut Gado-gado ini. Gado-gado pada dasarnya berarti “campuran”, berasal dari cara penyajiannya yang mencampur sayuran kukus semuanya dengan saus kacang sebagai topping.

BACA  9 Tempat Terfavorit untuk Travel Bucket Anda di Indonesia

Sepiring gado-gado biasanya berisi bayam kukus, tauge, buncis, buncis, dan jagung. Ini juga termasuk irisan mentimun mentah, kentang rebus, dan telur, bersama dengan tahu dan tempe goreng. Sebagai sentuhan akhir, semua bahan akan dituang dengan saus kacang yang creamy untuk dicampur jadi satu. Anda juga bisa memilih jenis sayuran dan rasa saus kacangnya, apakah Anda suka pedas atau manis.

5. rendang

Rendang sebenarnya adalah hidangan daging pedas. Itu bisa dibuat dari daging sapi atau domba. Sepiring rendang akan menawarkan perpaduan rasa pedas dan creamy hasil perpaduan antara sambal dan santan. Sebagian orang mengira Rendang mirip dengan Kari, namun sebenarnya makanan ini tidak memiliki banyak kuah seperti nanti.

Masakan ini aslinya berasal dari Minangkabau, salah satu suku di Sumatera Barat, dan biasanya disajikan dalam acara-acara khusus seperti Idul Fitri. Namun, Anda dapat dengan mudah menemukan hidangan ini di seluruh Indonesia, terutama di restoran Padang.

6. Bakso

Jajanan kaki lima populer lainnya di Indonesia adalah Bakso atau Sop Bakso. Bakso biasanya dibuat dari campuran tepung tapioka, garam, dan daging giling, namun Anda juga bisa menemukan bakso ayam, ikan, babi atau udang di beberapa restoran atau warung. Terkadang bakso juga diisi dengan berbagai macam isi, seperti telur atau keju.

Semangkuk Bakso terdiri dari kuah kaldu, bakso, bihun, sayur, tahu, tauge, dan siomay daging. Bawang merah goreng dan seledri akan ditaburkan di atasnya, terkadang ditambah dengan pangsit goreng.

BACA  Temui Hiu Paus di Tempat Menakjubkan di Indonesia

7. Mie Ayam

Mie Ayam dikenal sebagai Mie Ayam. Ini adalah salah satu hidangan populer yang dapat Anda temukan dengan mudah di warung pinggir jalan di mana-mana, biasanya juga dilengkapi dengan Bakso.

Semangkuk Mie Ayam berisi segenggam mie gandum rebus dengan potongan ayam di atasnya. Setelah direbus, mi dibumbui dengan campuran minyak goreng, kecap, dan bawang putih. Perpaduan bahan-bahan tersebut menciptakan perpaduan rasa manis dan gurih yang lumer di mulut. Sangat menyenangkan!